Pantangan Untuk Diabetes

Bagi Penderita Diabetes, Hindari Makanan dan Minuman Ini

Salah satu penyakit yang patut untuk diwaspadai pada jaman sekarang ini adalah diabetes, karena hal ini selain gaya hidup orang modern yang terkadang kurang menjaga asupan makanan dan kurang olahraga.

Pantangan Untuk Diabetes

Penyebab diabetes sendiri disebabkan karena banyaknya gula darah dalam tubuh sehingga insulin tidak mampu lagi untuk mengontrolnya. Jika tidak dirawat dengan benar maka penyakit diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit diabetes hingga kematian. Bahkan di Indonesia sendiri diabetes merupakan penyakit penyebab kematian tertinggi ketiga.

Salah satu cara menjaga penyakit ini tidak parah semakin adalah dengan cara memperhatikan pantangan untuk diabetes dan makanan minuman untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.

Makanan yang mengandung gula atau mengandung karbohidrat adalah hal yang wajib dihindari bagi penderita diabetes, kenapa karbohidrat ? karena karbohidrat saat masuk ke dalam darah akan dipecah menjadi gula dalam darah dan selanjutnya akan menjadi energi.

Berdasarkan beberapa hal diatas, maka makanan yang pantang untuk penderita diabetes adalah

  1. Nasi Putih dan Roti Tawar

Nasi putih dikenal memiliki karbohidrat yang cukup tinggi, mengonsumsi nasi putih terbukti akan meningkatkan gula darah secara signifikan, entah itu pada diabetes tipe 1 ataupun 2.

Penderita diabetes biasanya akan mengganti beras putih dengan beras merah, karena beras merah tidak akan meningkatkan gula darah terlalu tinggi.

Sedangkan pada Roti tawar bisa diganti dengan roti yang memiliki serat tinggi, selain menghindari gula berlebih, roti berserat tinggi juga terbukti dapat mengurangi kadar gula dalam darah, selain itu juga mengurangi kolesterol hingga tekanan darah.

  1. Minuman Manis

Minuman manis atau minuman yang mengandung gula berlebih juga wajib dihindari bagi penderita diabetes. Orang indonesia sendiri ketika nongkrong tidak akan lengkap rasanya tanpa ditemani minuman botolan, namun minuman seperti ini sangat berbahaya bagi penderita diabetes, salah satu contohnya adalah minuman bersoda yang diketahui mengandung gula cukup tinggi.

Minuman lainnya yang juga lumayan akrab ditelinga adalah teh manis, selain harus dihindari bagi penderita diabetes, bagi yang belum terkena diabetes meminum teh secara berlebihan juga akan memicu penyakit ini.

Namun ada teh herbal yang sangat cocok untuk penderita diabetes, yaitu Glucoscare Tea, teh ini mengandung tanaman yang dipercaya selama beberapa abad hingga sekarang dapat mengontrol kadar gula darah.

Teh herbal ini memiliki manfaat dapat mencegah penyerapan gula darah berlebih dalam tubuh, selain itu juga dapat menurunkan gula darah, sehingga sangat tepat sebagai terapi tambahan disamping menggunakan pengobata medis dari dokter. Teh Herbal ini dapat Anda Beli Di Sini.

  1. Lemak Trans

Lemak trans dapat meningkatkan kadar gula darah secara tidak langsung, biasanya terdapat pada selai, margarin dan gorengan. Lemak trans ini sangat berbahaya bagi penderita diabetes, karena selain meningkatkan kadar gula dalam darah juga dapat menurunkan kolesterol HDL yang baik, ini dapat menaikkan kemungkinan terkena penyakit komplikasi serangan jantung bagi si penderita.

  1. Kopi

Penggemar kopi hendaknya harus menahan diri jika ingin mengkonsumsi kopi, terutama untuk kopi yang banyak mengandung gula.

Namun bukan berarti penderita diabetes tidak bisa menikmati kopi, hanya saja kopi yang bisa diminum terbatas. Sebaiknya pilihlah kopi biasa atau espresso ditambah dengan satu sendok makan krim tebal atau setengahnya saja.

  1. Makanan Ringan

Sekali lagi ini cukup berhubungan dengan gaya nongkrong orang Indonesia kebanyakan, makanan ringan memang selalu menemani aktivitas kumpul ataupun menemani lapar di sela waktu makan, Solusinya adalah dengan menggantinya dengan kacang atau sayuran rendah karbohidrat.

There are no comments yet

Why not be the first

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *